Sinopsis : Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran mencakup serangkaian kegiatan yang terstruktur dan strategis untuk mencapai tujuan organisasi dengan menciptakan dan mempertahankan nilai bagi pelanggan. Manajemen pemasaran berfokus pada analisis pasar, perencanaan, implementasi, dan pengendalian strategi pemasaran untuk memastikan efektivitas dalam memenuhi kebutuhan pelanggan. Menurut Philip Kotler, manajemen pemasaran adalah seni dan ilmu dalam memilih pasar sasaran, menciptakan nilai, serta menumbuhkan pelanggan melalui berbagai proses. Fungsi utama manajemen pemasaran meliputi analisis pasar, perencanaan pemasaran, implementasi, serta evaluasi terhadap strategi yang dijalankan. Konsep pemasaran juga menekankan pada pemenuhan kebutuhan dan keinginan pasar, yang melibatkan beberapa pendekatan seperti produksi, produk, penjualan, pemasaran, hingga pemasaran sosial yang mempertimbangkan kesejahteraan masyarakat jangka panjang. Proses segmentasi, targeting, dan positioning (STP) memainkan peran penting dalam membagi pasar menjadi segmen-segmen yang lebih spesifik, memilih segmen yang paling potensial, dan membangun citra produk yang unik di benak konsumen. Selain itu, marketing mix (4P) — produk, harga, distribusi, dan promosi — menjadi alat utama untuk mengimplementasikan strategi pemasaran dalam menjangkau dan memuaskan pelanggan secara optimal
Deskripsi Buku :
Penulis :
Aghnia Wulandari, S.T., M.M.
I Putu Hendika Permana, S.Kom., M.M.
Dr.Muhammad Syahbudi, SEI, MA
Muhamad Masrur, M.E.I.,
Dr. Muhammad Ashdaq, ST, M.Si
ISBN : 978-634-7004-52-9
IKAPI : No.498/JBA/2024
Penerbit :
Yayasan Putra Adi Dharma